10 Golongan Penghuni Surga

Golongan Yang Akan Menghuni Surga Allah

MUSLIMIDIA.COM - Golongan Golongan Manusia Yang Menghuni Syurga Allah

Surga adalah Hak, yang memang disediakan untuk orang-orang yang beriman, dan diharamkan untuk orang-orang yang kafir, selamanya.

Firman Allah:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS. Ali ‘Imaran [3]: 133)

Ayat tersebut mengatakan bahwa manusia di perintahkan untuk selalu memohon ampunan kepada Allah swt, karena mereka yang senantiasa meminta ampun dan selalu bertakwa akan diberikan surga yang lebih luas dari langit dan bumi.

Dan golongan penghuni neraka menyeru kepada golongan penghuni Sorga, Seperti yang diceritakan di surah Al a’araf ayat 50, mereka yang berada di neraka nantinya akan meminta belas kasih dan meminta air serta makanan kepada mereka penghuni surga. 

Namun Allah mengharamkan penghuni surga untuk memberikan keduanya kepada mereka yang kafir.

Siapa saja yang telah mengingkari adanya sorga, neraka, kebangkitan, atau hisab termasuk orang-orang kafir, karena hukumnya sudah jelas diterangkan di nash-nash yang pasti sumbernya.

Penghuni neraka menyeru penghuni surga: 

"Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu". Mereka (penghuni surga) menjawab: "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir, (QS. Al-A’raf [7]: 50)

Beriman bahwa surga adalah hak, yang disediakan hanya bagi orang-orang yang beriman, dan diharamkan atas orang-orang kafir selamanya, merupakan bagian dari keimanan kepada Hari Akhir.

Golongan Penghuni Surga

1. Para Nabi, orang-orang yang jujur, syuhada, dan orang-orang yang shalih

Nabi merupakan orang-orang pilihan Allah yang ditugaskan untuk menyerukan ke esaan Allah pada ummat manusia dibumi. 

Para nabi sudah jelas orang-orang yang akan masuk kedalam surga Allah disaat hari akhir nanti.

Allah berfirman:

Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul-(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni’mat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (QS. An-Nisa [4]: 69) 


2. Orang-orang yang berbuat baik (al-Abrar)

Orang-orang yang berbuat baik semasa hidupnya didunia adalah termasuk golongan orang-orang yang akan menghuni surga Allah nanti pada hari ahir

Allah berfirman:

Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam keni’matan yang besar (surga), (QS. Muthafifin [83]: 22)

Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan, minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. (Yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya Kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera, (QS. Al-Insan [76]: 5-12). 


3. Orang-orang yang terdahulu (masuk islam) yang didekatkan kepada Allah

Allah berfirman :

Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam surga keni’matan. (QS al-Waqiah [56]: 10 –12).


4. Ashhabul Yamin

Ashhabul Yamin yaitu orang-orang yang menerima buku catatan amal dari sebelah kanan.

Pada hari kebangkitan nanti manusia akan dikumpulkan di padang mahsyar, dimana setiap manusia akan diberikan buku amal catatan selama hidup didunia.

Ada golongan orang-orang yang diberikan buku amalnya disebelah kanan dan ada pula golongan yang diberikan disebelah kiri.

Allah berfirman :

Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya, (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (QS. al-Waqiah [56]: 27-38).


5. Al-Muhsinun

Al-Muhsinun, yaitu orang-orang yang senantiasa berbuat baik dengan ikhlas dan sesuai dengan aturan syariat

Allah berfirman :

Dan kebanyakan mereka tidak mengikuti kecuali persangkaan saja. Sesungguhnya persangkaan itu tidak sedikitpun berguna untuk mencapai kebenaran. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan. (QS. Yunus [10]: 36)


6. Ash-Shabirun

Ash-Shabirun, yaitu orang-orang yang bersabar.

Allah Swt berfirman:

(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): "Salamun `alaikum bima shabartum". Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (QS. Ar-Ra’d [13]: 23-24).



7. Orang yang takut saat menghadap Tuhannya

Allah berfirman :

Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. (QS. Ar-Rahman [55]: 46) 


8. Al-Muttaqun

Al-Muttaqun yaitu orang-orang yang bertakwa.

Allah berfirman :

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam syurga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (QS. Al-Hijr [15]: 45).

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (QS. Ad-Dukhan [44]: 51-52).

Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa. (QS. Maryam [19]: 63).

Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (QS. Ar-Ra’d [13]: 35).
 


9. Orang-orang yang beriman dan beramal shalih

Allah berfirman :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya. (QS. Al-Kahfi [18]:107-108),

Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.(QS. Ar-Ra’d [13] :29),

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka karena keimanannya, di bawah mereka mengalir sungai-sungai di dalam surga yang penuh keni`matan. (QS. Yunus [10]: 9),

(Yaitu) orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami dan adalah mereka dahulu orang-orang yang berserah diri. Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan isteri-isteri kamu digembirakan. (QS. Az-Zukhruf [43]: 69-70),

Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar. (QS. Hud [11]: 23).
 


10. At-Taaibun

At-Taaibun, yaitu orang-orang yang bertaubat. Allah SWT zat yang maha pengasih dan maha pengamun sangat senang dengan hambanya yang selalu bertaubat apabila melakukan perbuatan tidak baik.

Orang yang bertaubat dengan sungguh sungguh dengan tidak mengulangi kesalahannya juga termasuk orang-orang yang dijanjikan durga oleh Allah.

Allah berfirman:

Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun. (QS. Maryam [19]: 60).

Semoga ita termasuk kedalam golongan orang orang yang akan menghuni syurga Allah SWT pada hari akhir nanti. Amin Ya Robbal Alaminn.